Ads 468x60px

IP

Monday, June 18, 2012

6 Web untuk mempersingkat Link/URL

Apakah anda suka dengan situs microblogging yang popular saat ini yaitutwitter?. Kita bisa berbagi status layaknya sms dan juga bisa mencantumkan link disana. Hanya saja…kita tidak bisa mengupdate status kita terlalu panjang karena di Twitter kita hanya bisa mengupdate status sebanyak 160 karakter saja ( seperti sms ). Apalagi jika anda ingin memberikan link pada update status anda, bisa-bisa karakter yang tersedia tidak mencukupi, apalgi jika link yang anda cantumkan sangat panjang. Oleh karena itu, diperlukan sebuah bantuan dari pihak ketiga yang memberikan layanan untuk menyingkat url yang panjang menjadi lebih pendek atau singkat, yang biasa disebut dengan URL shortener services.
Kita semua suka untuk memberi dan berbagi link ini web pada website yang berbeda. Banyak sekali link web ini sangat panjang sehingga menjadi sangat sulit untuk dibagi dan bahkan jika satu huruf atau angka yang salah maka seluruh link yang akan berguna sebagai link tersebut tidak akan terbuka. Jadi, mari kita memeriksa beberapa website yang memberikan layanan untuk memperpendek URL terbaik yang gratis, mudah dan sederhana untuk digunakan. Sebenarnya ada ratusan situs yang memberikan layanan gratis seperti ini, hanya saja saya akan menuliskan 6 saja yang terbaik menurut saya :) 1. Bit.ly
Bitly web url shortener service
Siapa yang tidak ingin software yang cerdas, dan apa yang lebih baik itu bisa terjadi jika situs shorteners url services melakukan hal-hal penting yang lain dari sekedar mempersingkat url. Selain memiliki berbagai fungsi, bit.ly juga dilengkapi dengan riwayat, alat canggih, bar bookmarklet samping, analisa jumlah klik dan sebuah alat pengembang yang sangat baik untuk membangun traffic. Dan juga, URL Shortener ini merupakan salah satu yang paling populer digunakan. Link yang disingkat dengan bantuan berumur panjang seperti bit.ly dan mempunyai kelebihan yaitu link yang tidak dihapus oleh bit.ly selama kita tidak menghapusnya.




TintURL web url shortener service
Dalam beberapa tahun terakhir Internet, TinyURL.com dapat dianggap sebagaikakek atau pelopor dari semua shorteners URL. Telah selama bertahun-tahun, dan merupakan salah satu dari shorteners link pertama digunakan secara luas di Twitter. Ini masih merupakan aplikasi yang berguna hari ini, dan menawarkan fitur sebagai berikut:
  • Tidak perlu membuat akun untuk mendaftar : Anda tidak perlu untuk sign up untuk account untuk menggunakan TinyURL.com. Hanya pergi ke situs tinyurl.com, paste link panjang Anda di bidang berjudul “Masukkan URL yang panjang untuk membuat kecil,” dan klik “membuat sebuah TinyURL!” Tombol untuk membuat link Anda dipersingkat.
  • Dapat Ditambahkan ke dalam Toolbar Browser anda : TinyURL membuatnya lebih mudah untuk menggunakan dengan membuat Shortener tombol link pada toolbar browser Anda. Tarik link “TinyURL! “Pada toolbar browser Anda dan membuat link singkat hanya dengan mengklik tombol.
  • Menyembunyikan affiliate links : Jika Anda seorang reseller afiliasi, kadang-kadang dihubungkan dengan halaman penjualan dan komisi Anda dapat dicuri dan digunakan oleh penipu. TinyURL dapat menyembunyikan link afiliasi Anda dan menjaga mereka aman dari pembajak.
  • Membuat Link anda sendiri : Anda dapat memasukkan/meng-custom link anda sendiri selama masih tersedia pada TinyURL dengan menambahkan kata-kata atau karakter yang Anda inginkan dalam “Alias ​​Kustom”.
  • Gratis : Semua web yg saya bagi disini tentunya adalah gratis dan jika anda merasa terbantu, anda dapat menyumbang sedikit dana yang ada di PayPal anda untuk memberi dukungan dan perbaikan fitur di masa depan.
3. Is.gd
ISgd web url shortener service
Walaupun jarang didengar atau terkenal, Is.Gd mempunyai beberapa kelebihan seperti situs penyingkat URL lainnya, yaitu :
  • Tidak memerlukan akun atau pendaftaran sebagai user
  • Gratis
  • Dapat mengkostumize atau mengatur tampilan link anda sendiri (selama masih tersedia)
  • Menampilkan huruf kecil saja : Sebagian besar link dari shortener URL terdiri dari kasus acak, atas dan bawah, karakter alfanumerik. Is.gd memberikan anda pilihan untuk memaksa huruf kecil dalam link Anda menjadi lebih pendek, sehingga lebih mudah untuk dibaca. Klik pada “Further options/custom URL” pada menu dropdown, kemudian pilih tombol “Lower case” untuk mengaktifkan pilihan ini.
  • Log statistik seperti halnya pada bit.ly dan tinyURL
  • QR Code Generator: Hal ini sangat berguna jika anda ingin memasarkan link affiliasi atau apa saja melalui perangkat genggam seperti HP dan sebagainya. Is.gd dapat membuatkan anda sebuah QR Code untuk link anda ( semacam kode bar yang biasa kita temui di supermarket atau barang )
  • Is.gd mencegah spam dan tidak akan membagi atau menjual link-nya kepada pihak lain sehingga lebih aman untuk digunakan.
4. Goo.gl
Googl web url shortener service
Dengan nama domain yang mudah diingat ( karena hampir mirip dengan google), shortened URL yang satu ini juga mmepunyai beberapa kelebihan diantaranya :
  • Integrasi dengan akun Google : Meskipun Anda dapat membuat link singkat untuk Goo.gl tanpa account, jika Anda memiliki Akun Google, Anda akan dapat melihat statistik yang dihasilkan dari link pendek. Juga, adalah mungkin bahwa link singkat yang Anda buat dengan Goo.gl merupakan faktor dalam algoritma mesin pencari Google secara keseluruhan.
  • Data analystic : Setelah Anda memiliki Akun Google, Goo.gl akan terus melacak semua link pendek yang Anda ciptakan dalam Goo.gl. Akses mirip dengan Google Analytics dashboard dengan mengklik pada link berjudul “Details” di samping URL pendek yang Anda buat.
  • Membuat QR Code Secara Otomatis : Goo.GL secara otomatis membuat kode QR untuk setiap link Anda dipersingkat. Akses kode QR dengan mengklik link berlabel “Rincian” di samping URL pintas yang sesuai.
  • Kestabilan : Karena Anda ingin link Anda disingkat dan diakses secara permanen, stabilitas layanan pemendekan URL merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan. Menurut Google, Goo.gl memiliki uptime 100 persen sejak diluncurkan.
  • Keamanan : karena terhubung dengan akun google , Goo.GL menggunakan teknologi yang sama dari Deteksi spam otomatis dalam aplikasi Gmail nya. Dengan kata lain, spammer mungkin akan menemukan platform lain untuk menggunakan dan link Goo.gl memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi antara orang-orang yang mengklik pada link tersebut.
5. Ow.ly
OWly web url shortener service
Ow.ly juga merupakan URL Shortener besar, tidak hanya dapat mempersingkat URL tetapi juga memperpendek URL Anda ke tingkat yang baru yang bahkan memungkinkan Anda untuk menghasilkan link permanen pendek untuk file gambar, file video dan juga file musik. Sederhananya, tidak ada banyak kustomisasi alat yang disediakan dalam jenis URL Shortener. Satu-satunya kekurangan dari web ini adalah bahwa Anda harus mendaftar untuk layanan pemendekan URL dan juga untuk menghasilkan link permanen untuk audio, video dan gambar.
6. Adjix
Adjix web url shortener service
Dengan adjix, Anda tidak hanya dapat mempersingkat URL tetapi juga dapat menghasilkan uang dari iklan yang disediakan oleh adjix sambil anda mempersingkat URL, semua berkat kualitas layanan terbaik dan detail yg canggih yang memungkinkan untuk menanamkan iklan di tweets. Juga, untuk semua orang yang tidak ingin mendapatkan status yg kacau, dengan iklan.. Anda dapat melakukannya dengan bantuan link iklan gratis. Dengan bantuan peluang bisnis merek adjix Anda dengan mudah dapat membuat link singkat yang terpisah dari blog.
Sebenarnya masih ada 1 lagi situs shortener URL service gratis yaitu T.Co, hanya saja sudah di akuisisi oleh twitter dan menjadi pemendek URL resmi milik mereka.
credit : www.gustidana.com

0 komentar:

Post a Comment