Ads 468x60px

IP

Monday, June 18, 2012

9 hal yang menarik di Windows 7


Tidak sedikit orang yang menolak untuk pindah ke Windows Vista ketika dirilis. Beberapa orang yang membeli komputer baru yang dilengkapi dengan Vista, langsung men-downgrade-nya. Beberapa bahkan menyatakan tidak mau pindah dari XP sampai kapan pun. Meskipun begitu, banyak dari mereka yang terkesan dengan apa yang mereka lihat pada Windows 7 beta. Meskipun beberapa ahli mengatakan bahwa Windows 7 tidak jauh berbeda dengan Vista dan memang salah satu daya tarik bagi user Vista adalah Windows 7 menggunakan Driver dan aplikasi yang sama dengan Vista. Para Anti-Vista yang telah mencoba Windows 7 sepakat bahwa Operating System yang baru tersebut adalah “Vista matang”. Berikut adalah hal-hal dari Windows 7 yang mungkin disukai oleh pencinta XP.
UAC Lebih Lunak
User Account Control (UAC) pada Vista ibarat orang tua yang terlalu protektif, padahal anda telah 31 tahun. Ia terus muncul untuk memperingatkan anda akan bahaya yang mungkin terjadi, meskipun hanya ingin melihat Device Manager atau melakukan hal yang tidak berbahaya. Ia terus membayangi dan menanyai, “Apakah anda yakin ingin melakukan itu?” Sama seperti orang tua, UAC memang bermaksud baik, tapi bisa membuat kita resah terutama ketika yang Anda lakukan tidak ada hubungannya dengan sekuriti. UAC tetap ada pada Windows 7, tapi memberi kebebasan lebih banyak ke user. Dengan mengurangi jumlah dialog UAC yang tidak perlu dan berlebihan, membuat prompt lebih informatif dan memberikan kontrol lebih atas UAC, tanpa terlalu mengganggu aktifitas berkomputer user.


Video Card Bisa Berdampingan dengan Baik
Pada XP, kita bisa menggunakan hampir semua Video Card yang di inginkan, ketika ingin menggunakan beberapa monitor. Anda bisa menggunakan dari nVIDIA, ATi, dan Matrox pada satu komputer. XP akan menggulur desktop ke ketiga monitor yang terpasang pada kartu. Ketika upgrade ke Vista, anda akan mendapatkan desktop tidak lagi tampil ke ketiga monitor. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa untuk dapat menggunakan beberapa monitor, anda harus menggunakan driver yang sama. Ini berarti bahwa anda tidak bisa menggabungkan kartu dari vendor yang berbeda. Anda harus keluar uang lagi untuk membeli Video Card yang sama supaya bisa menggunakan beberapa monitor. Menurut laporan, Windows 7 mendukung penggunaan video card dari vendor yang berbeda. Ini kedengarannya kita bisa lagi menggunakan multi-vendor multi-monitor.
Tidak Penuh Lagi
Vista adalah mungkin puncak upaya Microsoft dalam menyediakan solusi bagi semua user. Selain aplikasi yang terdapat pada XP, Vista menambahkan program kontak, kalender, editing foto, dan sebagainya. Meskipun beberapa user menghargai semua aplikasi gratis tersebut, banyak juga yang merasa terganggu dengan “tambahan” yang tidak mereka perlu atau gunakan. Jika anda berencana menginstalasi Outlook, maka tidak perlu lagi Contacts dan Calendar. Dan jika anda mempunyai aplikasi grafis favorit dan jauh lebih hebat seperti Photoshop, mala tidak perlu lagi Photo Galery. Tambahan tersebut hanya memenuhi menu Programs dan memenuhi ruang harddisk anda. Pada Windows 7 Microsoft telah menghilangkan sejumlah program tambahan dan sekarang menawarkan mereka sebagai free download dari situs Windows Live. Dengan demikian, mereka yang membutuhkan bisa tetap mendapatkannya dan mereka yang tidak butuh tidak harus repot-repot menghapusnya setelah menginstalasi Windows 7.
Boot Lebih Cepat
Keluhan lainnya mengenai Vista adalah lamanya waktu yang dibutuhkan untuk boot. Ini mungkin tidak menjadi masalah bagi mereka yang sering meninggalkan komputernya. Tapi jika anda mematikan komputer setiap malam, dan menunggu lama ketika boot di pagi hari, maka ini bisa menjadi gangguan besar. Juru bicara Microsoft menyatakan bahwa pihaknya bertujuan membuat waktu boot 15 detik untuk Windows 7, tapi tiga perempat user Vista melaporkan lebih dari 30 detik. Meskipun ketika itu Windows 7 beta belum mencapai 15 detik yang di inginkan, sebagian besar pengguna beta melaporkan Windows 7 lebih cepat dari Vista pada hardware yang sama. Dan sampai pada rilis finalnya sendiri, Windows 7 lebih cepat dari Vista.
Notifikasi Bisa Diatur
Pada XP dan Vista, Anda bisa men-disable balon notifikasi pada system tray. Namun, bagaimana jika anda ingin tetap mendapatkan notifikasi dari beberapa aplikasi tertentu? Windows 7 memungkinkan anda untuk mengatur sendiri dengan meng-klik panah kecil disebelah kiri tray, dan pilih customize. Pada kotak dialog pilih icon yang ingin ditampilkan di tray, seperti pada gambar anda bisa menampilkan atau menyembunyikan notifikasi setiap aplikasi.
Pesan Sekuriti Digabungkan
Pada Vista, Anda mempunyai beberapa icon yang berhubungan dengan sekuriti pada system tray, dan mungkin anda melihat notifikasi dari masing-masing. Untuk mengubah setting sekuriti, anda harus membuka beberapa aplikasi. Pada Windows 7, semua pesan sekuriti digabungkan dalam satu icon, ketika di-klik, anda akan melihat semua pesan yang berhubungan dengan firewallWindows DefenderWindows Update, dan sebagainya. Dengan mengklik link Open Action Center pada kotak dialog. Anda bisa membuat perubahan yang dianjurkan (misalnya Windows Update dalam keadaan tidak aktif) atau anda bisa mematikan pesan terkait dengan aplikasi tersebut.
Jendela Bisa Berdampingan secara Otomatis
Sebagian besar monitor yang dijual sekarang berbentuk layar lebar (Widescreen) sehingga cocok untuk menonton film, tapi juga berguna untuk menampilkan dua dokumen secara berdampingan pada layar. Namun, pada Vista anda harus mengatur kedua jendela secara manual. Windows 7 punya fitur baru yang bisa mengatur ukuran jendela menjadi setengah layar secara otomatis, ketika anda meyeretnya kepinggir layar. Dan ketika anda menyeretnya kembali ketengah, maka jendela akan kembali ke ukurannya semula.
Home Networking Jadi Lebih Sederhana
Bagi user rumahan yang tidak tahu banyak tentang hal teknis pengaturan jaringan sekarang bisa lebih mudah dengan Windows 7. Dengan fitur baru bernama HomeGroup, semua komputer Windows 7 pada jaringan bisa lebih mudah sharing file, printer, dan resource lainnya. Dan dengan Libraries (Kumpulan jenis file tertentu, seperti musik, foto, atau dokumen) anda bisa mengakses file pada jaringan HomeGroup, seolah-olah mereka disimpan secara lokal, dan anda bisa mencari diseluruh HomeGroup. Windows Media Player pada Windows 7 bisastreaming musik dan video dari satu PC pada jaringan ke PC lain, dan bahkan memutar lagu dari libraries iTunes pada komputer lain. Koneksi ke jaringan wireless juga lebih mudah; sekarang anda tidak lagi membuka kotak dialog terpisah untuk membuat koneksi, tapi cukup meng-klik icon Wi-Fi pada System tray, dan memilih jaringan dari daftar.
Taskbar Preview Benar-Benar Berfungsi
Ketika mengarahkan mouse ke tombol taskbar Vista, misalnya Internet Explorer (IE), maka anda akan melihat tigainstances IE. Anda bisa melihat halaman yang dibuka dalam keadaan ditumpuk, tapi mereka begitu kecil sehingga sulit untuk mengenali tiap-tiap halaman. Pada Windows 7, fitur preview mengalami peningkatan sehingga menjadi fungsi yang sangat berguna. Sekarang, ketika anda mengarahkan mouse ke icon taskbar, maka terlihat preview secara berdampingan, dan cukup besar sehingga anda dapat mengenalinya seperti yang ditunjukkan pada gambar. Tidak hanya itu, jika anda memutar video pada salah satu jendela, video tersebut juga tetap diputar pada jendela preview. Dan jika anda mengklik icon IE pada taskbar, anda akan melihat tampilan history IE. Anda bisa mengklik halaman yang diinginkan untuk langsung membukanya.
Source : PC Media 04/2010

0 komentar:

Post a Comment